Senin, 30 Maret 2009

TUJUH CIRI ORANG INDONESIA


TUJUH CIRI ORANG INDONESIA

Tanggal 6 april 1977 wartawan dan budayawan mochtar lubis pernah berceramahdi taman ismail marjuki jakarta. ceramahnya berjudul Manusia Indonesia : Sebuah pertangungan jawab, intisari ceramahnya mengupas tentang ciri ciri orang indonesia. Ceramah Mochtar Lubis tersebut melahirkan kontroversi. timbul pro kontra soalnya lebih banyak jeleknya ketimbang baiknya.
perubahan politik dan ekonomi sangat besar pengaruhnya terhadap karakter dan perilaku seseorang, masuknya modal asing yang deras ke Indonesia sangat berpengaruh terhadap karakter dan perilaku bangsa.

Ciri orang Indonesia menurut Mochtar Lubis :

a. Hipokrit, senang berpura pura, lain di muka lain dibelakang, suka menyembunyikan yang di kehendaki karena takut mendapat ganjaran yang merugikan dirinya.

b. Segan dan enggan bertanggung jawab atas perbuatannya, putusan dan pikirannya. atau sering mengalihkan tanggung jawab tentang sesuatu kesalahan dan kegagalan kepada orang lain.

c. Berjiwa Feodalis senang Memperhamba pihak yang lemah, senang di puji serta takut dan tidak suka dikritik.

d. Percaya pada takhyul dan senang mengkeramatkan sesuatu.

e. Berjiwa artistik dan sangat dekat dengan alam.

f. Mempunyai watak yang lemah serta kurang kuat mempertahankan keyakinannya sekalipun keyakinannya itu benar. suka meniru

g. Kurang sabar, cepat cemburu dan dengki.

Akibat neo-kolonialisme, tentu ke 7 ciri orang indonesia itu ada benarnya, tetapi tidak tidak semua orang indonesia memiliki ciri semacam itu. kalau toh ada, tidak semua 7 ciri tersebut di miliki oleh semua orang indonesia

Selama banteng- banteng Indonesia masih mempunyai darah merah
yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih
maka selamnya itu tidak akan kita mau menyerah kepada siapapun juga

Bung Tomo
Pahlawan nasional





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar